Home » , » Nomor Telepon Penting

Nomor Telepon Penting

Written By HZH on Saturday, March 26, 2016 | 6:37 PM


Harian komentar saya perhatikan selalu memuat nomor-nomor telepon penting. Dan seperti foto hari ini, ditulis daftar nomor telepon rumah sakit di Manado.

Mengapa nomor telepon rumah sakit termasuk dalam kategori nomor yang penting? Alasan yang paling masuk akal menurut pemikiran saya : "Rumah sakit itu sediakan layanan untuk menolong orang-orang yang sedang tidak berada di rumah sakit. Ambulance rumah sakit setidaknya bisa menjemput calon pasien yang dalam keadaan darurat yang tidak bisa datang sendiri ke rumah sakit."

Tapi apa memang begitu? 
Saya coba menelpon ingin menanyakan hal ini. Saya coba telepon semua nomor kecuali unit transfusi darah. Berikut laporan singkatnya.

Yang mengangkat telepon : 
Rs. Pancaran kasih. 
Jawaban : sepertinya bisa pak, cuma saat ini ambilance sedang tidak berada di tempat. Kalau bisa datang sendiri.
Rs. Advent.
Jawaban : ambulance sedang tidak ada. Datang saja langsung.
Rs. Permata bunda
Jawaban : boleh sih pak asal memang mau di rawat di rumah sakit ini.
Tanya : ada biaya? Berapa kalo harus bayar?
Jawaban : tunggu pak, saya coba tanya.

Kesimpulan.

1. Sepertinya memang belum ada sistem layanan call center 24 jam di semua rumah sakit di manado. Ataupun kalau ada, luput dari postingan harian komentar. Semua nomor telepon RS. Pemerintah tidak mengangkat. Mungkin karena hari ini bukan termasuk hari kerja atau jam kerja. Mungkin telepon tersebut berada di bagian administrasi bukan bagian emergency.

2. Sepertinya memang sistem penanganan keadaan "darurat sakit" kita di Manado sudah seperti ini sejak dulu : "kalau sakit, datang cepat-cepat saja ke rumah sakit." Bukan "kalau sedang dalam keadaan darurat sakit, telepon saja ke rumah sakit nanti mereka datang."

Pertanyaan. Mohon pencerahan oleh teman2 facebooker:

1. Apakah no. Telepon rumah sakit cocok masuk kategori no. Telepon penting? Kalau misalnya tiba2 kena serangan jantung, sepertinya tipis peluang akan dijemput ambulance dari rumah sakit untuk di berikan pertolongan. Apakah lebih cocok diposting saja daftar no telepon rental mobil per kecamatan yang sewaktu2 bisa dimintakan jasa mengantar orang sakit ke rumah sakit.

2. Apakah memang layanan jemput pasien darurat itu tidak perlu? Atau mungkin karena orang manado semua sudah punya kendaraan pribadi yg kalau terjadi keadaan darurat bisa di gunakan? Atau apakah ini salah satu alasan orang orang membeli kendaraan pribadi?

3. Apakah belum waktunya, negara/provinsi/kota kita mempunyai layanan call center seperti "911" di usa. Agar supaya warga yang mengalami keadaan darurat (keamanan, kesehatan, kebakaran, dll) bisa menghubungi dan mendapat pertolongan sesegera mungkin?

Hmmmmm........

original posting di link ini
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. My CORAT CORET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger